Selasa, 29 September 2009

TIPS SEHAT LAHIR & BATIN RASULULLAH

TIPS SEHAT LAHIR & BATIN RASULULLAH

Kesehatan merupakan modal paling berharga dalam hidup ini. Bila tidak sehat, mustahil kita bisa menikmati hidup pemberian Allah Swt. Karena itu, sudah sepatutnya bila kita senantiasa berusaha menciptakan gaya hidup sehat.

Dalam Islam, upaya menjaga kesehatan selalu dianjurkan baik melalui Al-Quran maupun melalui hadist Rasul. Rasulullah sebagai Uswatun Hasanah selalu memberikan contoh dalam memelihara kesehatan. Selama hayatnya, Rasul hanya menderita sakit dua kali. Padahal kegiatan Beliau sebagai kepala keluarga, pemimpin negara dan pemimpin umat selalu dipenuhi kesibukan yang membuat beliau jarang tidur dan jarang makan. Yang menyebabkan Rasul sehat lahir dan batin diantaranya :

1. Bangun Sebelum Shubuh dan Beraktivitas setelah Shalat Shubuh

Rasul Saw sangat menganjurkan umatnya untuk selalu berjamaah di masjid mengharap ridho Allah Swt. Selain itu juga untuk menjaga kesehatan sebab udara pagi yang segar banyak mengandung zat asam, coortisol, gas ozon dan hormon pertumbuhan sehingga orang yang bangun pagi-pagi sukar dihinggapi penyakit paru-paru. Rasulullah bersabda: ”Sholat sebelum subuh lebih baik daripada dunia dan isinya.

2. Selalu Jaga Kebersihan

Rasul termasuk orang yang rapi jali. Bayangin aja, Rasul pernah bilang kalau gosok gigi alias siwak itu nggak memberatkan umatnya, niscaya beliau akan menyuruh umatnya untuk gosok gigi sebelum sholat. Bahkan ketika hari Jumat, Rasul menyunahkan untuk pake minyak wangi sebelum berangkat. Hmmm ..... Rasul selalu clingkan?

3. Makan Secukupnya (Tak Pernah Banyak Makan)

Nabi saw bersabda: ”Berpuasalah kamu supaya sehat tubuhmu” (HR. Bukhari). Dalam hadist lain juga disebutkan: ”Kami adalah kaum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak pernah kekenyangan.” Rasul dan para sahabat selalu makan setelah lapar dan berhenti sebelum kenyang. Ini resep yang cukup ampuh untuk membuat dokter yang dikirim ke Madinah frustasi gara-gara nggak ada pasien. Pesan Rasulullah, kebanyakan penyakit asalnya dari perut.

4. Gemar Jalan Kaki

Rasulullah Saw selalu berjalan kaki ke masjid, ke pasar dan ke rumah para sahabat. Beliau selalu bersemangat dan tidak suka hidup manja. Dengan berjalan kaki keringat mengalir di sekujur badan, pori-pori kulit terbuka dan peredaran darah berjalan normal sehingga terhindar dari penyakit jantung.

5. Tidak Pemarah

Pemarah merupakan kawan setan, sebab bila manusia telah dihinggapi rasa marah akan hilanglah akal sehatnya. Karena itu Rasulullah menganjurkan umatnya untuk menghilangkan sifat pemarah. Rasul hanya marah bila melihat hukum Allah dilanggar. Ketika utusan Bani Nadhir datang meminta nasehat agar masuk surga dan lepas dari siksa neraka, Rasul memberikan nasehat pendek ”Jangan marah” Beliau mengulangi nasehatnya itu hingga tiga kali. Marah yang amat sangat bisa membuat pembuluh darah pecah so Rasul juga menyuruh kita untuk beristighfar, wudhu dan sholat 2 rakaat. Ditanggung adem deh! He he he .....

6. Optimis, Jangan Cemas dan Jangan Nyerah

Orang optimis akan memandang hidup dengan warna-warni ceria. Jangan cemas dan jangan nyerah karena Allah pasti ridho sama orang yang terus berusaha dalam kebaikan. Smile, please ...

7. Bersyukur dan Jangan Iri

Bersyukur itu obat paling ampuh buat kita yang suka ngiri sama kelebihan orang lain. Sssst ... orang yang suka ngiri itu potensial sakit hati. Orang yang sakit hati gampang darah tinggi, depresi dan nggak percaya diri (pd), so be careful (hati-hati).


Oleh Mohammad Azwar, SP dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar